PENDIDIKAN JASMANI (Physical Education/PE)
Pengertian Pendidikan Jasmani menurut beberapa ahli yaitu Menurut Undang-undang No. 4 tahun 1950 tentang dasar-dasar pendidikan
dan pengajaran pasal 9 bahwa "Pendidikan jasmani yang menuju kepada
keselarasan antara tumbuhnya badan dan perkembangan jiwa dan merupakan
suatu usaha untuk membuat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang sehat dan
kuat lahir batin, diberikan pada segala jenis ssekolah".
Sedangkan pengertian pendidikan jasmani menurut Beley dan Field
(dalam Suranto, dkk. 2004) mendefinisikan pendidikan jasmani sebagai
proses yang menguntungkan dalam penyesuaian dari belajar gerak,
neuro-muscular, sosial, kebudayaan, baik emosional dan etika sebagai
akibat yang timbul melalui pilihannya yang baik melalui akatifitas fisik
yang menggunakan sebagian besar otot tubuh. Dari pengertian pendidikan jasmani di atas dapat disimpulakan beberapa hal mengenai pendiidkan jasmani sebagai berikut:
- Pendidikan Jasmani lebih memusatkan pada anak didik
- Menekankan pada aspek pendidikan
- Kegiatan jasmaniah hanya merupakan sarana untuk turut membantu pada tercapainya tujuan pendidikan
- Tujuannya adalah perkembangan optimal, sesuai dengan kemampuan, minat, dan kebutuhan peserta kegiatan (siswa). Jadi arahnya ialah perkembangan aspek-aspek fisik, mental dan sosial dari setiap individu.
Pendidikan jasmani berkaitan dengan peran penyesuaian beban fisik yang
terjadi sebagia akibat partisipasi dalam kegiatan fisik tertentu yang
dipilih, sesuai dengan perhatian, kemampuan dan kebutuhan individu.
B. Tujuan Pendidikan Jasmani
Tujuan pendidikan jasmani konsisten/sama dengan tujuan pendidikan
umum. Di bawah ini adalah tujuan pendidikan jasmani yang menjadi pedoman
kerja bagi guru pendidikan jasmani di sekolah-sekolah misalnya:
- Tujuan untuk percaya pada diri sendiri, mengembangkan daya ingatan, keterampilan dalam proses fundamental untuk berbicara, menulis dan berhitung, penglihatan dan pendengaran, memperoleh pengetahuan kesehatan, pengembangan kebiasaan hidup sehat, mengenal kesehatan masyarakat, pengembangan untuk hiburan, intelegensi, perhatian terhadap keindahan, dan pengembangan budi pekerti yang baik.
- Tujuan yang berhubungan dengan kemanusiaan, saling menghorati, persahabatan, kerjasama, berbudi pekerti yang luhur, menghargai keluarga dan bersikap demokrasi di rumah.
- Tujuan efisiensi ekonomi: menghormati pekerjaan, berkemampuan menyaring hal-hal yang berhubungan dengan informasi, berhubungan dengan efisiensi, berhubungan dengan apresiasi dan penyesuaian, ekonomi pribadi, pertimbangan terhadap pemakai, efisiensi dalam belanja dan perlindungan terhadaa pemakai.
- Tujuan yang berhubungan dengan tanggung jawab sebagai warga negara yang baik dan berkeadilan sosial, pengertian terhadap masyarakat, penilaian terhadap kritik, toleransi dan taat terhadap demokrasi.
Sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tahun 1989
Tentang sistem pendidikan Nasional pada bab II pasal 4 disebutkan bahwa:
Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan
mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman
dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur,
memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani,
kepribadian yang mantap dan mandiri, serta rasa tanggung jawab
kemasyarakatan dan kebangsaan.
Demikian Pengertian dan Tujuan Pendidikan jasmani yang dapat saya share
melalui media ini mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi dunia pendidikan
khususnya guru pendidikan jasmani yang akan
membuat penelitian tindakan kelas mapel penjasorkes. saya menyadari
bahwa tulisan ini jauh dari sempurna, untuk itu kritik dan saran selalu
saya nantikan dari sahabat semua.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar