Senin, 27 Agustus 2018

Aktivitas Olahraga Beladiri


TUGAS M6 KB 3 : Aktivitas Olahraga Beladiri
Olahraga bela diri dapat dikembangkan melalui pendekatan bermain yang dikembangkan dalam berbagai macam tugas belajar gerak. Sebagai contoh pengembangan dengan menangkap pita di ekor diharapkan siswa bisa berkembang dalam gerak pembelajaran bela diri terutama dalam pencak silat. Bentuk kelompok dan setiap kelompok memiliki tugas sebagai berikut.
1.      Identifikasi jenis gerakan pencak silat ke dalam kelompok gerak lokomotor, non lokomotor dan manipulatif. (bobot 20%)
2.      Buatlah variari bermain yang tujuan utamanya adalah permainan merangsang siswa untuk melakukan tugas belajar gerak, siswa dapat berkembang dalam aspek pengetahuan, sikap dan keterampilannya serta menanamkan sikap sportivitas, tanggung jawab, dsb dalam proses belajar gerak olahraga pencak silat. Batasi gerakan yang bisa dilakukan pada saat melakukan permainan dengan menggunakan gerakan tangkapan, bantingan dan serangan. (bobot 40%)
3.      Presentasikan dengan kelompok dan buat berita acaranya. (bobot 20%)
4.      Buatlah laporan akhir hasil yang sudah dipresentasikan dan di revisi. (bobot 20%).

Jawaban :
1.      Jenis gerakan Pencak Silat
A.    Gerak lokomotor sendiri merupakan gerak guna memindahkan tubuh dari suatu tempat ke tempat yang lain, baik guna menghindar dari musuh, mendekati musuh, bahkan melawan musuh. Contoh – contoh gerak lokomotor dalam Pencak Silat, seperti :
a)      Melompat untuk menghindar
b)      Guntingan kaki.
c)      Guntingan pinggul
d)      Gerak Pola langkah
e)      Melangkah untuk mendekati lawan
f)       Menghindar dari serangan lawan.
B.     Gerak manifulatif adalah gerakan untuk bertindak melakukan sesuatu bentuk gerak dari anggota badannya secara lebih terampil dan dalam gerak manifulatif perlu adanya koordinasi antara mata, kaki, tangan dan bagian tubuh lainnya. Contoh gerak manipulatif dalam olahraga pencak silat yaitu :
a)      Menendang lawan
b)      Memukul lawan
c)      Teknik bantingan
d)      Teknik tangkapan
e)      Serangan (belaan dan pertahanan)

2.      Variasi permaian dalam Belajar Gerak Pencak Silat

Permainan Sentuh Lutut
Permainan yang dikembangkan menekankan pada keakuratan dalam pengambilan keputusan dalam melakukan tugas belajar gerak. Dalam permainan ini ada saatnya pemain menyerang dan melakukan pertahanan yang dimana kedua hal tersebut merupakan bagian dari teknik pencak silat. Siswa harus menyentuh lutut temannya (serangan) dan siswa yang lain mempertahankan lututnya dari serangan agar tidak tersentuh lawan, ketika melakukannya harus menjunjung tinggi sportivitas, tanggung jawab dan diharapkan bisa berkembang dalam aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Pada dasarnya, pembelajaran yang dilakukan harus mengembangkan kemampuan mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan apa yang terjadi dalam belajar (metode saintifik).
Adapun perencanaan pelaksanaan pembelajarannya yaitu :
1.      Ketika melakukan pembelajaran siswa harus mengamati apa yang dilakukan oleh guru atau teman.
2.      Ketika semua itu telah dilakukan, cobalah untuk menanyakan kepada teman atau guru dalam melakukan tugas belajar gerak.
3.      Setelah siswa mengamati dan menanyakan, kemudian siswa mencoba  melakukan aktivitas pembelajaran yang diperintahkan oleh guru.
4.      Ketika siswa mencoba/melakukan gerakan, siswa membandingkan dan pilih mana gerakan yang paling mudah dilakukan dan bermanfaat.
5.      Setelah hal tersebut dilakukan, cobalah komunikasikan dengan teman lain dan guru tentang aktivitas yang dilakukan.
Adapun yang ingin dicapai dalam pembelajaran melalui permaian ini yaitu siswa mampu bertindak dengan tepat dalam berbagai posisi, menghargai teman dan berkembang dalam keterampilan gerak bela diri.
Aturan dan peraturan pembelajaran:
1.      Bagilah kelas menjadi dua kelompok yaitu kelompok laki-laki dan perempuan.
2.      Setelah kelompok terbentuk, buatlah kelompok kecil dengan jumlah anggota dua orang atau dengan kata lain saling berpasangan.
3.      Setelah mempunyai pasangan, coba berusaha untuk menyentuh lutut pasanganmu, ketika berusaha untuk menyentuh lutut pasangannmu, dia juga akan menyentuh lutut kamu.
4.      Dengan kata lain, kamu harus dapat menjaga lutut masing/ masing agar tidak dapat disentuh oleh lawan/teman bermain.
Meningkatkan tantangan dalam pembelajaran dan menurunkan tantangan dalam pembelajaran Cara mempermudah permainan yaitu dengan memperkecil ukuran lapangan yang digunakan dan memperbanyak jumlah pesertaCara mempersukar permainan yaitu : hanya diperbolehkan melakukan sentuhan satu kali, tetapi harus mendapatkan hasil dan pasangan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

3.      Presentasi permaian “Sentuh Lutut”
Presentasi dilakukan oleh guru pada kelas IV SDN 2 Antiga Kelod hari Rabu, 15 Agustus 2018 pukul 08.00wita. Presentasi dilakukan secara mandiri karena tidak memungkinkan membuat kelompok bersama peserta PPG Daljab PJOK (keterbatasan jarak dan waktu)
Tujuan :  Mengembangkan keakuratan dalam pengambilan keputusan dalam melakukan tugas belajar gerak melalui permaian sentuh lutut.
4.      Laporan Akhir
Presentasi dan pelaksanaan pemainan Sentuh Lutut berlangsung dengan baik dan lancar. Siswa terlihat antusias dalam permaian dan semua siswa dapat berperan aktif dalam bermain. Selain itu, melalui permainan ini aspek afektif siswa juga dilatih dengan menunjukanan sikap sportifitas dan kejujuan. Berikut ini beberapa dokumentasi permaian Sentuh Lutut.
















                                        
































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aktivitas Olahraga Senam, Akuatik, Beladiri dan Pendidikan Kesehatan

TUGAS AKHIR M6 : Aktivitas Olahraga Senam, Akuatik, Beladiri dan Pendidikan Kesehatan Tugas 1 Senam 1.       Buatlah uraian 3 gerakan ...